Wednesday 24 April 2013

AMBULANCE RUANG ANGKASA


Bila dalam misi penerbangan ke ruang angkasa tiba-tiba terjadi kecelakaan dalam pesawat ulang alik columbia, sehingga pesawat nya rusak, astronot nya terluka dan sistem navigasinya macet, apakah pihak NASA dapat memberikan pertolongan? Bagaimana Cara nya?

Sebelum ada Challenger, pesawat ulang alik AS yang kedua, sama sekali tidak ada kemungkinan bagi NASA untuk memberikan pertolongan. Tetapi dengan berhasilnya peluncuran Challenger pada tanggal 5 april 1983, maka kemungkinan memberikan pertolongan itu ada, walau itu pun sangat kecil. Masalah nya adalah waktu.



Sebuah pesawat ulang alik tidak "berniat" terbang, paling sedikit membutuhkan waktu sepuluh hari untuk persiapan dan perbaikan- perbaikan. Sebaliknya, kalau dalam keadaan siap terbang pun, di butuhkan waktu satu hari lebih cepat  untuk dapat membawa astronot yang terluka tadi ke rumah sakit.

Cara memberikan pertolongan: setelah pesawat penolong merapatkan diri ke pesawat yang rusak tadi, seorang astronotdengan sabuk bermesin jet "terbang" menuju pesawat yang rusak. Astrounot yang terluka di letakan di dalam semacam balonkain berdiameter 90 cm, yang di lengkapi dengan sistem oksigen yang dapat di bawa kemana-mana.Kalu perlu balon kedua bisa di ikatkan di pinggang penolong untuk kembali ke pesawat nya.

Cara penyelamatan ini bukan akan berkembang pesat, bila NASA membuat anjungan ruang angkasa yang pertama sekitar tahun 1990, jadi bila terjadi kecelakaan tidak perlu lagi menunggu atau tergantung pada pesawat ulang alik, melainkan ada sebuah kendaraan kecil yang di desain untuk meluncur dengan sangat cepat.

No comments:

Post a Comment