Friday 26 April 2013

5 Ide Kreatif Benda Daur Ulang Ramah Lingkungan



(c) top10marvels.com Vemale.com - Wanita cenderung dekat dengan alam, oleh karena itu tidak ada salahnya kita lebih mencintai alam dengan memanfaatkan benda-benda plastik menjadi barang yang lebih berguna. Ada beberapa hal yang bisa kita kreasikan meski hanya dari sebuah botol minuman. Tidak percaya? Yuk, kita lihat beberapa kreasi unik berikut ini yang dihasilkan dari sebuah botol plastik dan benda bekas lainnya.
1. Papan tanaman
(c) top10marvels.com
Manfaatkanlah potongan triplek atau kayu yang tak terpakai dan botol bagian atas. Rekatkan teratur pada bagian-bagian triplek dan isi dengan benih tanaman. Gunakan media tanam seperti tanah atau kapas basah. Biarkan bagian tutupnya terbuka agar tanaman mendapatkan sirkulasi udara dan dapat menjalar keluar.
2. Kotak toples unik
(c) top10marvels.com
Anda bisa memanfaatkan bagian bawah botol untuk dijadikan toples unik. Gunakan dua buah bagian bawah botol dan rekatkan dengan kain yang sudah diberi resleting. Anda bisa menggunakannya sebagai wadah untuk berbagai macam keperluan.
3. Gelang lucu warna-warni
(c) top10marvels.com
Bagian badan botol juga bisa dimanfaatkan sebagai gelang. Potong dengan ukuran yang Anda inginkan. Lapisi dengan lem dan balut dengan kain atau kertas hias warna-warni sesuai dengan keinginan Anda.
4. Wadah lilin dari kaleng
(c) top10marvels.com
Dengan menggunakan bagian bawah lilin yang dipotong dengan gunting, Anda bisa membuatnya menjadi wadah lilin. Selain cantik, juga lebih ramah lingkungan dan ekonomis karena memanfaatkan benda bekas. Anda tak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli tempat lilin.
5. Percantik sepatu dengan pita
(c) top10marvels.com
Bila sepatu Anda nampak plain, Anda bisa lho menghiasinya dengan sedikit pita unyu. Gunakan pita atau kain bekas yang digunting menyerupai pita, bentuk kerutan cantik. Kemudian rekatkan pada sepatu. Tak perlu beli sepatu baru, Anda bisa mendapatkan sepatu lama dengan wajah yang baru.
Ada banyak ide untuk membuat benda-benda di sekitar kita menjadi lebih berguna dan unik. Selain lebih ekonomis, kita juga lebih sayang pada lingkungan bukan? Ayo, Ladies. Lebih peduli pada lingkungan, tunjukkan kreasi go green Anda. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment