Monday 13 May 2013

Tradisi – Tradisi Unik Dalam Mencari Jodoh



Pencarian jodoh. Ya, jika kita membahas masalah ini pasti tak akan ada bosan dan habisnya. Sebab pencarian jodoh biasanya dilakukan oleh sebagian orang dengan berbagai cara yang unik. Mulai dari mendaftarkan diri ke biro jodoh di media cetak atau elektronik, hingga mengikuti ajang pencarian jodoh yang diselenggarakan di televisi komersial. Namun ternyata, masih ada saja beberapa daerah di belahan dunia ini yang masih mempertahankan tradisi uniknya dalam mencari jodoh. Penasaran? Langsung saja simak daftarnya.

1. Memakan Apel dari Ketiak

foto memakan apel dari ketiak oleh unik segiempat
Tradisi unik ini berasal dari Austria. Tradisi “memakan apel dari ketiak” ini dilakukan oleh wanita Austria untuk mendapatkan jodoh yang terbaik bagi dirinya. Tradisi ini dimulai dengan membelah sebuah apel. Apel yang telah dibelah tersebut kemudian diberikan kepada seorang pria yang akan dijodohkan dengannya. Tapi sebelumnya, apel itu harus dikapit di ketiak sang wanita. Sang wanita kemudian melakukan beberapa tarian ritual hingga mengeluarkan keringat. Nah, apel yang telah basah dengan keringat sang wanita tadi akan diberikan kepada pria yang akan dijodohkan dengannya. Jika pria tersebut bersedia memakan apel yang telah bercampur dengan keringat tersebut, itu tandanya sang pria telah bersedia menerima perjodohan. Sudah pasti rasa apel tersebut mirip nano-nano karena ditambah dengan “sensasi” asin di dalamnya.

2. Pondok Cinta

foto pondok cinta oleh unik segiempat
Lain lagi dengan cerita dari tradisi “Pondok Cinta”. Tradisi cari jodoh yang berasal dari Kamboja ini biasanya dilakukan oleh orang tua yang memiliki seorang anak gadis. Mereka akan membangun sebuah rumah kecil yang disebut dengan “Pondok Cinta” untuk anak gadisnya yang telah beranjak remaja. Anak gadis mereka akan tinggal di dalamnya. Dan setiap pria yang belum menikah diperbolehkan untuk bercinta dengan gadis yang tinggal di dalam pondok cinta tersebut. Terkadang dalam satu malam, ada lebih dari tiga orang yang bisa berhubungan seks dengan gadis di dalam pondok cinta tersebut. Jika sang gadis menyukai salah seorang pria yang datang ke pondok tersebut, maka mereka berdua akan dinikahkan.

3. Tidur Bersama dengan Dipisahkan Papan

foto tidur oleh unik segiempat
Tradisi unik satu ini berasal dari bagian barat laut negara Eropa dan Amerika kolonial. Sepasang remaja laki-laki dan perempuan akan tidur bersama dalam satu ranjang. Namun jangan khawatir. Sebab mereka akan melakukan hal tersebut di bawah pengawasan orang tua dari pihak perempuan. Meski pasangan reamaja ini harus tidur seranjang, namun mereka akan terbungkus selimut yang berbeda. Kadang ada juga yang menggunakan papan berukuran sedang yang dipasang di tengah-tengah ranjang. Papan ini digunakan sebagai pemisah antara remaja perempuan dan laki-laki yang tenagh tidur seranjang. Dengan proses ini diharapkan keintiman dari diri mereka akan terjadi. Namun bukan hubungan seksual yang dimaksudkan. Melainkan keakraban mereka saat bercengkrama dan menyentuh lah yang diharapkan

4. Mengunjungi Gadis

foto mengunungi gadis oleh unik segiempat
China juga memiliki sebuah tradisi pencarian jodoh yang cukup unik. Tradisi ini dikenal dengan nama “Mengunjungi Gadis”. Dalam tradisi ini, para wanita China akan berkumpul bersama dan membuat sebuah lingkaran sambil memutari api unggun. Kemudian, sekumpulan pria berjaket merah akan mendatangi lingkaran wanita tersebut. Chemistry akan muncul ketika salah satu dari wanita yang ada di lingkaran tersebut menyukai salah satu pria berjaket merah yang datang padanya. Wanita tersebut akan memberikan sebuah barang pada sang pria. “Pria berjaket merah” tersebut kemudian akan mengajak sang wanita untuk duduk dan memberikan jaket merah miliknya. Nah pada momen inilah kata cinta akan terucap. Pria tersebut kemudian akan melamar sang wanita pilihannya.
5. Kikir Gigi
foto kikir gigi oleh unik segiempat
Setelah mengetahui tradisi unik pencarian jodoh yang berasal dari mancanegara, sekarang giliran kita untuk menelusuri sebuah tradisi pencarian jodoh yang tak kalah unik yang masih dijalankan di Indonesia. Tradisi ini disebut dengan Kikir Gigi. Kikir Gigi adalah tradisi pencarian jodoh yang berasal dari Bali. Tradisi ini wajib dilakukan oleh seluruh remaja Bali yang akan beranjak dewasa. Dalam ritual ini, gigi para remaja (baik perempuan ataupun laki-laki) harus dikikir oleh seorang pendeta Hindu. Pendeta akan mengikir gigi mereka tanpa menggunakan obat apa pun. Ritual ini bertujuan untuk mengusir roh jahat yang akan membawa ketamakan, syahwat, amarah, kecemburuan, dan keadaan tak sadar. Setelah dikikir giginya, para remaja akan siap menjadi orang dewasa yang siap menikah.

No comments:

Post a Comment