Sunday 19 May 2013

Kuburan-Kuburan Paling Unik di Dunia (Part 2)


Cerita tentang kuburan-kuburan paling unik di dunia tak berakhir sampai artikel sebelumnya (Kuburan-Kuburan Paling Unik di Dunia (Part 1)) saja. Karena beberapa kuburan di bawah ini juga memiliki kisah yang tak kalah unik. Ada yang dimummi dan digantung di dalam biara, bahkan ada juga yang dibangun sebagai simbol cinta yang agung dan abadi. Penasaran? Berikut kisah dibalik kuburan-kuburan unik tersebut:

1. Catacomb of Paris

foto catacomb oleh unik segiempat
Kisah terbentuknya Catacomb of Paris berawal pada sekitar tahun 1700an. Pada kisaran tahun tersebut, kota Paris tengah terkena wabah penyakit yang diakibatkan karena peletakkan pemakaman massal yang kurang tepat di pemakaman umum. Saat itu, Paris tengah mengalami krisis lahan pemakaman. Karena masalah tersebut, akhirnya penguasa kota memutuskan untuk memindahkan semua tulang-belulang manusia tersebut ke dalam sejumlah lorong-lorong di kota Paris yang tak terpakai lagi. Akhirnya, tulang-tulang tersebut diletakkan dan disusun sedemikian rupa di dalam lorong-lorong tersebut. Uniknya, lorong bawah tanah yang terpakai untuk peletakkan tulang-belulang tersebut panjangnya mencapai 30 km. Nah akhirnya, lorong-lorong tersebut dikenal dengan nama Catacomb. Selain lorong-lorong, beberapa bagian Catacomb juga terdiri dari beberapa ruangan yang fungsinya bergantung dari kebutuhan. Catacomb paling terkenal terletak di kota Paris. Untuk menjaga keaslian ruangan yang penuh dengan tulang-belulang tersebut, maka pemerintah kota hanya mengizinkan membuka sedikit akses untuk menuju ke dalam Catacomb of Paris tersebut.

2. Tentara Terracotta

foto terracotta oleh unik segiempat
Jika raja-raja Mesir Kuno memilih membangun piramida untuk tempat peristirahatan terakhirnya, maka berbeda halnya dengan Kaisar Qin Shihuang. Sebab kaisar pertama China yang berjasa menyatukan dataran China ini memilih membangun sebuah “istana agung” untuk tempat peristirahatan terakhirnya. Ia membangun sebuah makam di bawah tanah yang dilengkapi dengan 8000 patung pasukan lengkap dengan kereta dan kuda Kavalerinya! Lebih uniknya lagi, wajah di setiap patung pasukan yang diberi nama pasukan Terracotta tersebut tak ada yang sama. Menurut sejarah, pasukan Terracota yang terkenal menakjubkan tersebut sempat terkubur dan dilupakan oleh sejarah. Namun, “Pasukan-pasukan” tersebut baru ditemukan kembali pada tahun 1974 oleh Yang Peiyan dan beberapa petani lainnya yang tengah menggarap sebuah lahan. Patung-patung tersebut sengaja diukir dan disusun khusus untuk melindungi sang kaisar menuju alam baka.

3. Capuchin Catacombs of Palermo

foto capuchin oleh unik segiempat
Di Palermo, Italia, beridir sebuah biara yang terbilang “cukup aneh” karena upacara pemakamannya. Para pendeta membangun ruangan bawah tanah yang digunakan untuk upacara pemakaman. Namun jangan salah. Sebab upacara pemakaman yang dimaksud di sini bukanlah memendam jenzah ke dalam tanah, namun jenazah tersebut akan melalui proses pembalseman layaknya mummi. Mummi tersebut kemudian didandai dengan pakaian lengkap dan digantung di dinding biara. Mummi-mummi tersebut juga bisa berganti pakaian layaknya manusia yang masih hidup, bahkan mereka dapat mengikuti tren masa kini. Upacara pemakaman tersebut telah berlangsung sejak abad ke 16 hingga abad ke 19. Orang-orang yang berhak dimakamkan seperti itu hanyalah orang yang dianggap terkemuka dan tersohor. Mayat terakhir dimummikan  sekitar tahun 1800an. Dan pada tahun tersebut, sudah ada 8000 mummi yang menghuni biara tersebut.

4. Taj Mahal

foto taj mahal oleh unik segiempat
Taj Mahal dikenal oleh seantero dunia sebagao sebuah gambaran rasa cinta yang agung. Selain itu, Taj Mahal juga dianggap sebagai makam terindah yang pernah dibangun karena di dalamnya, bersemayam makam Raja Shah Jahan dan permaisuri yang sangat ia cintai, Mumtaz Mahal. Taj Mahal juga merupakan simbol kebesaran Dinasti Mughal yang sangat terkenal di India. Sebab pada masa kekaisaran Dinasti Mughal, India dapat mencapai masa keemasannya.

5. Kota Mati di Ossetia Utara, Rusia

foto ossetia oleh unik segiempat
Sekilas, lembah ini dipenuhi dengan sejumlah gedung dan bangunan yang lebih mirip dengan rumah batu, tak jauh berbeda dengan desa-desa di Rusia pada umumnya. Namun, jika diamati lebih detail lagi, ternyata kita akan menemukan kejanggalan-kejanggalan dari bangunan-bangunan tersebut. Sebab saat kita intip ke dalam, kita akan menyadari jika di dalam bangunan-bangunan tersebut, bersemayamlah tubuh-tubuh manusia yang telah dimummi dengan pakaian yang lengkap. Wah, kok bisa ya?
Keadaan tersebut terjadi karena konon pada abad ke-18, daerah Ossetia tengah mengalami wabah penyakit yang sangat mematikan. Akhirnya, anggota keluarga yang terserang wabah tersebut diasingkan ke sebuah bangunan yang khusus dibangun untuk penderita wabah mematikan tersebut. Bangunan itu sengaja dirancang agar anggota keluarga yang sakit tidak dapat pergi kemana-mana. Mereka hanya diberi lubang kecil yang berfungsi untuk memasukkan makanan ke dalam bangunan. Jika diperlakukan seperti it uterus, tentu saja si penderita akan mati dengan sendirinya karena penderita tak mendapatkan perawatan yang memadai.

No comments:

Post a Comment